Lentera Babel

Masyarakat Mendeklarasikan Dukungan Penuh Beroperasinya Tambang Timah Rakyat di Laut Mengkubung

Masyarakat Mendeklarasikan Dukungan Penuh Beroperasinya Tambang Timah Rakyat di Laut Mengkubung

 

Foto masyarakat kampung mengkubung saat deklarasi

 

Sungailiat, Lentera Babel – Puluhan warga berkumpul di pesisir Laut Mengkubung untuk mendeklarasikan dukungan penuh beroperasinya tambang timah rakyat Senin, 2/3/2021.

Yadi, salah satu warga Dusun Mengkubung mengatakan bahwa kegiatan kali ini sifatnya perwakilan saja, karena dimasa Pandemi ini tidak mungkin kita berkumpul dalam jumlah banyak, selain itu juga ini sifatnya aspirasi warga kampung mengkubung dan sekitarnya untuk membuka percakapan dengan awak media.

Untuk mendukung tambang timah rakyat di laut mengkubung terus berjalan, Warga menyerahkan 1.000 tanda tangan dukungan yang akan di sampaikan kepada Bupati Bangka, gubernur sampai ke Mentri ESDM guna untuk masyarakat mengkubung bisa menambang secara legal.

” kordinat titik kerja yang diajukan masyarakat untuk tambang rakyat itu APL jadi tidak ada masalah karena tidak ada kawasan hutan ataupun tangkapan nelayan” ungkapnya.

Dikatakan lebih lanjut oleh yadi, dalam kondisi covid warga sangat berharap ekonomi bisa berjalan di tengah kesulitan dimasa pandemi. Warga sangat kesulitan mencari lapangan pekerjaan. Ungkapnya.

” Dengan aktifitas tambang timah rakyat di laut mengkubung, masyarakat berharap dapat mengentaskan kemiskinan melalui penyerapan pembukaan lapangan pekerjaan karena tidak ada lapangan pekerjaan lain selain tambang timah untuk masyarakat bekerja,” tutur dia.

Yadi menambahkan, meskipun tambang rakyat di laut mengkubung beroperasi belum maksimal, ( Red – sebelum terjadi razia) Yadi merasakan manfaatnya Melalui bantuan hasil penjualan timah yang dikumpul oleh penambang yang disisihkan untuk disumbangkan ke kampung .

” Alhamdulillah hasil sumbangan dari penambang rakyat Di Laut Mengkubung sudah bisa membeli mobil Ambulan Kampung, membangun Masjid, rumah singgah Di Perkuburan, tenda dan kursi untuk masjid, perbaikan sarana umum, pemberian sembako, semua itu murni dari hasil penambangan masyarakat di laut mengkubung tidak ada bantuan dari pihak manapun, jadi saya menilai apa yang telah dilakukan penambang tersebut telah dirasakan manfaatnya oleh warga” tutup Yadi (Ndo)

editor

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *