Lentera Babel

Masyarakat Pesisir Dukungan Penuh Untuk Beroperasinya KIP di Parit 40 Sinarjaya Jelutung.

Masyarakat Pesisir Dukungan Penuh Untuk Beroperasinya KIP di Parit 40 Sinarjaya Jelutung.

 

Sungailiat, Lentera Babel – Gelombang dukungan terhadap beroperasinya Kapal Isap Produksi (KIP) mitra PT. Timah di IUP DU 1555 terus berlanjut, setelah 22 Ormas dan OKP, sekarang giliran perwakilan Nelayan, Pemuda, dan masyarakat pesisir yang terdiri dari Lingkungan Air Hanyut, Kampung Pasir, dan Jalan Laut mendukung dalam bentuk pernyataan sikap yang di lakukan di pantai Parit 40 Kelurahan Sinar Jaya Jelutung (31/9/2020).

Ini sifatnya perwakilan saja, karena dimasa Pandemi ini tidak mungkin kita berkumpul dalam jumlah banyak, selain itu juga ini sifatnya aspirasi komponen masyarakat pesisir yg bisa di katakan sebagai stake holder laut juga, kata IM sebagai tokoh masyarakat Lingkungan Air Hanyut membuka percakapan dengan awak media ini.

” Semua ini untuk kepentingan Negara, PT. Timah itu perusahaan negara, DU 1555 itu IUP PT. Timah dan sudah kewajibannya untuk mengeksplorasi SDA yang ada di situ karena di bekali legalitas yang jelas sesuai dengan regulasi perizinan yang ada di Indonesia” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Res nelayan Air Hanyut mengatakan bahwa daerah operasinya KIP Mitra PT. Timah itu bukan di area tangkap mereka.

“Kami melaut untuk mancing ikan atau cumi itu di 14-15 mil, bahkan ada yang di atas 20 mil. Jadi tidak ada rebutan tempat operasi antara nelayan dan KIP” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Salah satu Pemuda Matras, Anwar mengatakan bahwa KIP yang akan beroperasi di perairan matras ini legal, memiliki perizinan yang komplit.

“Saya menghimbau kepada pihak pihak lain janganlah membuat statement dan mengarahkan hal2 yg bersifat provokatif, apa sih yang mau di lawan, ini legal dan untuk kepentingan negara. Kan ada juga kompensasi bagi masyarakat pesisir, kan bermanfaat juga untuk ekonomi masyarakat kecil” jelasnya

Selain itu ditempat yang sama Rein Barza alias Black tokoh pemuda lingkungan Air Hanyut meminta kepada Aparat kepolisian untuk menindak tegas pihak pihak yang ingin mengacaukan suasana yang sudah kondusif terkait beroperasinya KIP ini.

” Tangkap saja Pak Polisi para provokator itu, bila ada karena masyarakat sudah menanti dan sangat berharap KIP bisa beroperasi di Perairan Matras sehingga bisa meningkatkan perekonomian di masa pandemi Covid-19″ tutupnya.

editor

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *