Lentera Babel

Aliansi Masyarakat Pesisir Mengadakan Gerakan Aksi Penghentian dan Pengusiran Aktivitas Kapal Pasir Pulomas Dan PT. SMB

Aliansi Masyarakat Pesisir Mengadakan Gerakan Aksi Penghentian dan Pengusiran Aktivitas Kapal Pasir Pulomas Dan PT. SMB

 

Sungailiat, Lentera Babel –  Masyarakat Pesisir yang tergabung dari unsur Ormas Laskar Pesisir dan Masyarakat Nelayan Pesisir Sungailiat menggunakan enam kapal mendatangi kapal hisap pasir di Luar muara Air kantung sungailiat hari Jum’at (2/10/2020).

Foto Dewan Pembina Laskar Pesisir Oktavianus Poray/Ray

Foto Dewan Pembina Laskar Pesisir Oktavianus Poray/ Ray saat Jumpa Pers Usai Aksi Damai

 

 

Perwakilan dari Aksi Oktavianus Poray selaku Dewan pembina Laskar Pesisir menjelaskan kegitan hari ini Laskar Pesisir mendampingi masyarakat bersama sama Nelayan yang ada di daerah Sungailiat.

gerakan ini murni karena permintaan kawan-kawan masyarakat pesisir, bermula dari kegelisahannya dikarnakan ada aktifitas dari pertambangan Pasir di luar Muara Air kantung yang mengakibatkan abrasi di pesisir kampung nelayan dua samapai ke Rambak ungkapnya.

Laskar Pesisir Bersama sama masyarakat Nelayan di dampingi oleh TNI- POLRi beserta aparat pemerintahan POL PP Bangka , Camat Sungailiat dan Lurah Sungailiat dengan menggunakan enam kapal nelayan mendatangi kapal hisap pasir di luar muara air kantung dan Alhamdulillah aksi hari ini berjalan dengan lancar dan Kondusif jelasnya.

Sepantauan kami dilapangan ada dua kapal hisap Pasir yang sedang parkir di luar muara air kantung dan Berdasarkan pengakuan dari ABK kapal bahwa kepemilikan kapal itu ada dua kapal, satu milik Pulomas dan satu kapal milik PT. SMB tambahnya.

Kita minta kapal hisap pasir yang berada di luar muara beserta tongkang untuk pindah dan bergeser dari laut air kantung. Dan sempat mereka meminta izin dari KSOP untuk izin gerak. mudah mudahan mereka cepat bergerak dan tidak parkir lagi di luar Muara air kantung karena bisa juga ini menghalangi alur nelayan untuk beraktifitas melaut ungkapnya.

“kita akan tetap mengawal hasil giat kita Harini bersama nelayan. Apabila kapal tetap beraktifitas tanpa mengindahkan keinginan kita Harini, kita akan membawa masa yang lebih banyak dan akan menempuh jalur hukum kalau diperlukan” ungkap Ray.

Ditempat terpisah perwakilan perusahaan PT. Pulomas Sentosa Yanto Acun menyampaikan kepada Lentera Babel permintaan mereka untuk menghentikan kegiatan pengerukan muara kita anggap itu hal yang tidak masuk akal, karena pasti akan berhadapan dengan Nelayan ungakpnya.

Foto Yanto/Acun Perwakilan Perusahaan PT.Pulomas Sentosa

 

” Ketika Muara tidak dikeruk muara akan buntu karna akan penuh dengan pasir maka kami tetap berkomitmen apaun dan siapaun yang akan menghentikan pekerjaan pengerukan ini akan berhadapan dengan kami” Paparnya.

kami pun didukung oleh nelayan ada beberapa nelayan tadi sudah berkumpul di sini untuk mensupport pekerjaan kami dan terkait dengan pengusiran kapal Isap Pasir tadi kita tidak komentar terlalu banyak karena kapal tidak bekerja hanya parkir saja pungkasnya.

” silahkan dilihat kondisi alur muar air kantung sekarang, nelayan bisa keluar masuk atau tidak. kondisi Muara air Kantung saat ini silahkan nilai sendiri, kalau mereka punya solusi coba tunjukkan, coba kerjakan kalau memang ada pihak-pihak lain yang mau membantu membuka Alur Muara nggak usah banyak omong langsung kerjakan” Ungkap Yanto.

Salah satu nelayan yang hadir saat di jumpai Lentera Babel, iskandar kep perahu nelayan jaring Gaek , warga Parit Pekir mengatakan para nelayan pengguna alur muara Air Kantung Sungailiat sangat mengharapkan agar PT Pulomas Sentosa tetap konsisten dan berkomitmen untuk melakukan pengerukan alur muara Air Kantung ungkapnya.

Foto Nelayan Gaek Iskandar Warga Parit Pekir Memberikan Statement Terhadap Muara Air Kantung Sungailiat.

 

“Kita berharap PT Pulomas tetap bekerja untuk mengeruk dan melebarkan alur muara Air Kantung , kami nelayan pada prinsipnya meminta PT Pulomas terus konsisten melakukan pengerukan dan melebarkan muara sehingga arus lalulintas keluar masuk perahu-perahu nelayan tetap lancar,” Jelasnya.

Saya selaku nelayan tidak mau persoalan ini melebar kemana-mana, keinginan kami hanya satu saja bagaimana alur muara ini tidak dangkal dan lebar supaya arus lalu lintas perahu nelayan menjadi lancar jelas Iskandar.

( Ndo)

editor

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *