Lentera Babel

Macab LMP Bangka Menyatakan sikap Menolak Keras Kegitan Pengerukan PT. SMB Di Laut Airkantung.

Macab LMP Bangka Menyatakan sikap  Menolak Keras Kegitan Pengerukan PT. SMB Di Laut Airkantung.

 

Sungailiat, Lentera Babel – Ketua Harian Markas Cabang Laskar Merah Putih Kabupaten Bangka Adi Nirwan yang biasa dipanggil Ambo Naik juga sebagai tokoh pemuda dan masyarakat pesisir menyampaikan kepada Lentera Babel menyatakan sikap penolakan rencana PT. Seputih Makmur Bersama untuk melakukan pengerukan di tengah Laut Airkantung Sungailiat.( 19/9/2020 ).

Setelah kegitan sosilisasi pemaparan AMDAL yang dilakukan oleh pemrakarsa PT.SMB (16/9/2020) kami dari LMP Bangka jadi bertanya tanya, diduga ada yang disembunyikan dari pemerintah dan perusahaan.

Pasalnya pemaparan ataupun sosialisasi kepada masyarakat itu seharusnya dilakukan sebelum izin lokasi ditetapkan. Ini kami lihat sudah melakukan sosialisasi AMDAL dan luasan lokasinya sungguh fantastis 2.096,94 Hektar paparnya.

” Ini sungguh tidak masuk akal. Bisa abrasi besar besaran kalau ini dipaksakan. Nanti kami akan menyambangi Badan Perencan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah Propinsi Bangka Belitung guna mempertanyakan penetapan izin lokasi tanpa ada sosialisasi dan melibatkan masyarakat di Pesisir Airkantung jelasnya.

 

Foto Peta Lokasi Yang dikeluarkan Oleh Pemprov Babel.

 

Ambo Naik melanjutkan selain itu kami harus tau kamampuan perusahaan tersebut jangan hanya persentasi memberikan harapan palsu .

Kita harus tau peralatan Apa yang dimiliki perusahaan, bila dilihat peralatan dipresentasi Amdal sungguh hebat peralatannya, namun apakah peralatan itu yang akan digunakan untuk mengeruk Alur Nelyan Airkantung, bahkan kami lihat di bahan presentasi juga ada Kapal Isap Timah lanjutnya.

“Jadi sebenarnya perusahaan ini mau nambang pasir atau tambang timah sudah tidak jelas ini pekerjaannya, Janganlah ada dusta diantara kita ” jelasnya.

Jadi kami sampaikan secara tegas untuk kami sampaikan kepada pejabatan pemberi kebijakan perizinan di Propinsi Bangka Belitung untuk tidak melanjutkan lagi perizinan PT. Seputih Makmur Bersama ke tahap selanjutnya. karena ini sangat merugikan masyarakat pesisir ungkapnya.

” Kami tidak alergi dengan Perusahaan yang mau investasi di daerah Pesisir Airkantung, jika pekerjaan pengerukan yang di tunjukkan pemerintah itu bekerja di Alur Muara sampai ke kolam PPN Sungailiat karna ini yang dibutuhkan nelayan, bukan pengerukan di tengah laut”. Jelas Ambo Naik. (Efn)

editor

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *