Lentera Babel

Penggunaan Dana APBD Untuk Penanganan Covid-19 Di Kabupaten Bangka baru Terealisasi 29,80%

Penggunaan Dana APBD Untuk Penanganan Covid-19 Di Kabupaten Bangka baru Terealisasi  29,80%

SUNGAILIAT, Lentera Babel – Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Bangka sudah melakukan delapan kali pergeseran Anggaran Dana Covid-19.

“Untuk anggaran penangan covid-19 di kabupaten Bangka sangat besar sekitar 150M namun dalam pengajuan SKPD sebesar 79 Milyar dan penyerapan anggara sampai dengan tanggal 24/8/2020 baru 29.80% “.

Berikut rekap laporan pengguna APBD untuk Penanganan Covid-19 di Kabupaten Bangka.
Dinas Pendidikan Kepemudaan Dan Olahraga penyerapan Anggaran 45.58%, Dinas Kesehatan 26.12%, Dinas KOMINFO dan statisitik 55.95 %, BPDB 36.02 %, POLPP 15.9 %, SETDA Bangka 81.74% , Dinas SOSIAL 36.33% dan bantuan dana posko untuk delapan Kecamatan sebesar lima puluh juta / kecamatan.

“Dana Covid-19 dinamikanya tinggi di mana alokasi dana yang sangat membutuhkan langsung kita geserkan, jadi dia tidak mati di situ sifatnya fleksibel mana yang dibutuhkan disitu kita geser anggarannya” ungkap Haryadi

Selanjutnya Hariyadi menjelaskan Untuk rapid test geratis dananya ada di dua tempat, di Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bangka (BPBD) Rapit Test geratis untuk masyarakat umum dan di Dinas kesehatan kegitan Rapit Tes geratis untuk pasien dirumah sakit. Dan Sekarang sudah bergulir untuk dana pemulihan Ekonomi untuk membantu Usaha Mikro,Kecil dan Menengah (UMKM) yang berada di kabupaten Bangka.

mudah-mudahan tidak banyak pasien terjangkit Covid-19 di kabupaten Bangka sehingga bisa difokuskan untuk dana bansos dan juga untuk biaya pemulihan ekonomi. Akan tetapi kalau jumlah pasien terus meninggkat anggarannya bisa habis di pembiayaan pemulihan. Jadi kita berharap tidak banyak lagi terjangkit Covid-19 di Kabupaten Bangka ungkap Haryadi.
( Ndo )

editor

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *